Prosedur Keamanan dan Keselamatan Kerja Teknisi HandPhone

Image result for Prosedur Keamanan dan Keselamatan Kerja Teknisi HandPhone

A. Beragam Panduan Keselamatan Kerja
sepatu safety - Prosedur Keselamatan dan perlakuan yang tepat alat kerja sangat diutamakan ketika bekerja pada setiap komponen elektronik untuk hindari resiko rusaknya selanjutnya. Hal berikut senantiasa diingatkan ketika bekerja komponen elektronik seperti hp.

1. Pemakaian Antistatic Wrist Strap
Tali Anti statis pergelangan tangan dipakai untuk hindari resiko sengatan listrik dari badan manusia ke circuit komponen elektronik. Sebuah tali antistatik pergelangan tangan, dipakai pengosongan elektrostatik (ESD) dengan grounding pada seorang yang bekerja dengan perlengkapan elektronik.
Pemakaian Antistatic Wrist Strap

2. Pemakaian Hand Gloves
Kamu bukan sekedar membuat perlindungan tangan Kamu dari luka bakar, juga membuat perlindungan hp dari goresan dan peluang sengatan listrik. Sebuah tangan kain sarung katun sangat penting untuk dipakai.

3. Pemakaian Rework dan Soldering Stations
Rework and soldering Station yaitu piranti permukaan yang panas dan dapat mengakibatkan kebakaran dan luka bakar yang ekstrim pada kulit ketika bekerja. Senantiasa Amati dan Set dalam panas dan aliran udara dalam jumlah yang tepat. Amankan tempat di mana alat ini berada. Jauhi dari jangkauan terlebih anak- anak.

4. Dalam Pengukuran Voltage Ac-DC
Mengatur mtr. untuk kisaran teratas yang didapatkan untuk AC atau DC Volt. Banyak kali, tegangan yang juga akan diukur memiliki nilai yg tidak di ketahui. Untuk alasan ini, kisaran teratas diambil hingga circuit mtr. dan pergerakan akan tidak rusak oleh tegangan semakin besar dari yang diinginkan.

5. Dalam Pengukuran Current dengan Ampere Meter
Atur mtr. ke ukuran teratas AC atau DC Amp yang di dukung. Bila circuit yang juga akan ditest yaitu AC tapi mtr. hanya mengukur amp DC (atau sebaliknya), hentikan saja pekerjaan ini. Mtr. harus dapat mengukur modus ampere yang sama (AC atau DC) jadi tegangan di circuit, diluar itu juga akan tunjukkan 0.

Dalam Pengukuran Current dengan Ampere Meter

Sadarilah kalau umumnya multimeter hanya juga akan mengukur jumlah yang sangat kecil saat ini, di rentang UA dan mA. 1 UA yaitu 0, 000001 amp dan 1 mA yaitu. 001 amp. Ini yaitu nilai arus yang mengalir hanya di circuit elektronik yang paling halus, dan beberapa ribu (bahkan juga juta-an) kali lebih kecil dari nilai yang terlihat di circuit otomotif.

6. Dalam Pemakaian Power Supply
Power suplai dapat juga rusak dan mengakibatkan rusaknya komponen. Senantiasa atur dan memastikan jumlah yang benar dari jangkauan Voltage untuk hindari resiko rusak bagian-bagian elektronik.

  • jauhi hubung singkan dari output power supply 
  • jauhi hubung singkan dari output power suplai. 

B. Tips Disassembly Hp
Di bagian ini saya juga akan memberi contoh bagaimana buka bagian-bagian sebuah handphone dan dalam hal semacam ini karena mulai sejak awal saya memakai patokan Nokia N70 maka contoh dalam gambar ini yaitu type nokia ini. Buat persiapan alat teknisi kamu seperti pada bab sebelumnya sudah di jabarkan tentang alat-alat kerja teknisi hp.

1) Pertama bebaskan penutup baterai, bebaskan baterai, sim dan kartu memori.

2) Lakukan alat plastik (saksikan gambar dibawah) di sekitar gabung penutup depan untuk meng-unclip cover.

3) Dengan cover depan sudah dilepaskan hp Kamu saat ini juga akan terlihat seperti berikut ini.
cover depan sudah dilepaskan

4) Matikan hp Kamu sekali lagi dan dorong obeng Kamu di celah, seperti yang diperlihatkan berikut ini. Kerjakan hal yang sama di bagian kanan juga. Ini juga akan melepas surround camera.
dorong obeng Kamu di celah

5) Hp kamu bakal jadi gambar berikut ini saat ini.

6) Putar hp dan bebaskan enam sekrup yang Kamu dapat saksikan seperti dibawah.
bebaskan enam sekrup

7) Angkat bingkai yang memegang layar telephone sedikit. Kamu saat ini memiliki akses ke pita konektor (diperlihatkan oleh panah) yang perlu dipisah. Konektor melekat seperti plug dan socket.

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Ceyron Louis

A web designer from India. And then you write some more information about yourself like this to fill out the space that is left.

0 komentar:

Posting Komentar