10 Panduan serta Langkah Pilih Sepatu Lari yang Nyaman di Kaki




Sepatu adalah salah satunya komponen penting untuk olahraga. Bila penyeleksian sepatu salah, akan membuat kaki jadi tidak nyaman serta luka. Jika telah semacam ini, kesibukan fisik jadi terhalang serta tidak membahagiakan. jual sepatu safety bisa menjadi solusi untuk kamu.


Karenanya, pilih sepatu running bukan hanya disaksikan dari modenya saja dan juga dari kecocokan dengan kaki. Cari sepatu yang pas tidak selamanya gampang, sebab kamu harus pilih dengan cermat serta pastikan sepatu yang cocok di kaki, serta sampai ke jemari kaki.


Sebelum kamu beli sepatu yang pas, Toppers dapat baca panduan pilih sepatu lari yang nyaman buat kamu pakai waktu lari di bawah ini!



Panduan / Langkah Pilih Sepatu Lari

1. Pilih yang Sesuai dengan Bentuk Kaki

Bentuk kaki tiap orang tentu saja berlainan. Hingga, tidak orang-orang pas pada sepatu lari yang serupa. Karena itu, penting ketahui bentuk kaki serta type pergerakan kaki supaya bisa mempermudah pilih sepatu yang pas.


Pada intinya, ada tiga bentuk telapak kaki yakni normal arch, low arch, serta high arch. Berikut penuturannya:


Normal Arch

Normal Arch mempunyai pojok kelengkungan yang normal disamping dalam telapak kaki. Bentuk kaki ini umumnya mempunyai pronasi (type pergerakan kaki) yang normal . Saat lari, kelengkungan kaki akan memengaruhi pergerakan kaki serta hentakan kaki di tanah.


Dengan bentuk telapak kaki ini akan dianjurkan memakai sepatu dengan sedikit lengkungan dibagian tengah sepatu yang umum disebutkan semi curved shoes.


Low Arch

Bentuk telapak kaki low arch mempunyai pojok kelengkungan kecil hingga nampak cukup rata. Biasa bentuk telapak kaki ini seringkali disebutkan flat foot. Bentuk kaki ini mempunyai type pergerakan kaki overpronation.


Kaki dengan bentuk ini condong menekuk kakinya ke luar dibandingkan dengan kelengkungan kaki normal. Sepatu yang pas umumnya ialah sepatu dengan motion control.


High Arch

Orang dengan bentuk kaki High Arch mempunyai sisi tengah kaki yang bertambah tipis dibandingkan bentuk kaki yang lain. Desakan yang besar umumnya ada di bagian tumit serta sisi depan kaki. Type pergerakan kaki ini ialah underpronation dengan pergerakan kaki menekuk ke.


Sepatu yang pas umumnya ialah neutral shoes dimana, mempunyai bantalan kaki di bagian depan serta tumit untuk menyangga kaki. Pemilik bentuk telapak kaki ini umumnya mempunyai kaki berupa O. Hingga, perlu penyeleksian sepatu yang pas.


2. Cocokkan Sepatu dengan Medan Lari

Waktu lari, kenali jalan lari yang akan dilakukan supaya tidak salah memakai sepatu hingga tidak mengakibatkan luka pada kaki. Sebab tiap sepatu direncanakan dengan peranan yang tidak sama.


Track di jalan raya, lintas alam, atau pelatihan yang umum dilaksanakan di pusat kesehatan tentu saja tidak sama. Saat di jalanan beraspal kamu memerlukan sepatu yang fleksibel serta mudah tapi tidak sama di lintas alam. Kamu akan memerlukan sepatu yang bertambah kuat dengan sol anti-slip.


3. Jangan Membeli sebab Modenya

Kemungkinan sebagian orang bertambah mengutamakan mode serta memikir jika semua sepatu lari sama juga. Tapi, sebenarnya orang yang beli sepatu lari. Sebab mode kemungkinan berasa tidak pas serta, membuat kaki penggunanya sakit.


4. Pikirkan Berat Tubuh

Bila pelari mempunyai berat tubuh di atas normal, sepatu lari dengan bantalan yang bertambah tebal dari sepatu lari biasanya semakin lebih dianjurkan. Sebab, bentrokan di antara kaki dengan permukaan yang perlu diredam oleh sepatu akan makin besar.


5. Pilih yang Diperlengkapi Bantalan Empuk

Bantalan yang empuk pada sepatu berperan untuk semakin nyaman saat dipakai. Tiap sepatu mempunyai tehnologi serta featurenya semasing termasuk juga bantalan yang ada di sepatu.


Penting untuk memerhatikan bantalan sepatu yang pas buat kaki supaya nyaman saat dipakai untuk lari.


6. Lihat Kelenturan Sepatu

Sepatu dengan kelenturan yang baik dibutuhkan supaya saat lari sepatu bisa ikuti pergerakan kaki dengan fleksibel serta tidak kaku. Khususnya sisi sepatu yang akan menekuk saat kita lari.


Sepatu yang kaku akan membuat kaki tidak nyaman dan mempunyai potensi mengakibatkan luka.


7. Cocokkan Ukuran Sepatu

Jauhi beli sepatu dengan ukuran yang begitu cocok atau cukup ketat, sebab bisa membuat kaki lecet serta kuku kaki dapat menghitam.


Kadang beberapa orang beranggapan ukuran sepatu di sepatu satu dengan yang lain sama. Contohnya, sepatu Adidas serta Nike mempunyai ukuran yang lain meskipun, size-nya sama. Tapi, sebetulnya tidak selamanya semacam itu.


Minimal 1/2 ukuran semakin besar dari ukuran kaki akan dianjurkan untuk cari sepatu lari. Penting untuk cermat serta tekankan lebar kaki supaya tidak salah beli ukuran. Jika perlu cek ulasan supaya bertambah jelas.


8. Setimbangkan Berat serta Sol dengan Kekuatan Lari

Pelari pemula sampai pelari karieronal tentu saja mempunyai keperluan sepatu yang berlainan. Buat pelari pemula, dianjurkan untuk memakai sepatu lari dengan berat 250-280 gr bantalan sol yang empuk.


Sol yang tebal semakin lebih baik buat pelari pemula supaya semakin nyaman serta tidak kurang gampang sakit saat lari. Sedang, buat pelari yang telah terlatih serta lebih cakap seharusnya pilih bantalan sol sepatu yang bertambah mudah hingga, dapat lari bertambah cepat.


9. Bedakan Sepatu Lari serta Pelatihan

Sepatu pelatihan serta sepatu lari tentu saja tidak sama. Kadang kemungkinan orang yang baru mengawali olahraga lari masih pemula serta memandang ke-2 sepatu ini sama.


Ke-2 sepatu ini jelas mempunyai peranan yang lain keduanya. Supaya tidak salah, baca bedanya di bawah ini:


Sepatu pelatihan mempunyai foam yang bertambah tebal dari sepatu lari.

Sepatu lari berbobot bertambah mudah dibanding sepatu pelatihan.

Sol bawah sepatu running bertambah halus dibanding sol bawah sepatu pelatihan.


10. Pikirkan Kaos Kaki

Kaos kaki mempunyai peranan penting, sebab bisa kurangi slip saat lari. Tapi, ketebalan kaos kaki akan memengaruhi kenyamanan waktu kamu memakai sepatu dalam tempo berjam-jam.


Pilih kaos kaki yang seragam dengan sepatu yang akan dibeli. Sebab, umumnya karakter sepatu akan tidak sama dengan ketebalan kaos kaki.


Disamping itu, bila sudah terburu membeli sepatu cukup longgar, kaos kaki dapat jadi jalan keluar.


Bagaimana, tidak bingung lagi kan ingin pilih sepatu lari yang mana? Itu barusan, adalah panduan buat kamu yang sedang ingin cari sepatu lari yang pas serta nyaman untuk kaki.

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Ceyron Louis

A web designer from India. And then you write some more information about yourself like this to fill out the space that is left.

0 komentar:

Posting Komentar