Strategi Membangun Brand Image

Related image

Jasa Personal Branding - Mengapa Branding demikian penting? Karena terkecuali jadi jati diri product, brand akan menumbuhkan kesetiaan customer. Biasanya apabila seorang telah pas dan akrab dengan suatu brand, dia akan tidak mudah berpaling pada brand beda.

Diluar itu, untuk beberapa orang, brand juga sering dipandang jadi jati diri dianya. Tetapi, kecocokan pasti tidak hanya datang dari nama, namun juga kwalitas product, service yang memuaskan, dan harga yang reasonable. Makin banyak customer yang merasa senang dengan kwalitas product, maka makin tinggi nilai jual sebuah brand.

Berikut banyak hal yang perlu di perhatikan dalam membuat brand image adalah

1. Sederhana dan bermakna

Berdasar pada salah satu hasil survey marketing, orang-orang berumur muda relatif lebih memilih memakai product dengan nama brand asing maupun yang berkesan asing. Tetapi, tidak bermakna beberapa nama yang berkesan lokal juga tidak dilirik, lho. Terutama, pilihlah nama yang sederhana, agar mudah disampaikan dan diingat. Diluar itu, sebaiknya memilih nama brand yang memiliki makna tertentu. Apabila tidak ingin ribet, kita dapat juga memakai nama sendiri jadi nama brand, seperti yang dilakukan brand-brand terkenal, seperti Yves Saint Laurent dan yang lain.

2. Pakai logo

Ciptakanlah sebuah logo visual yang sesuai sama product dan brand product. Logo ini dapat menolong brand yang di ciptakan agar berkesan lebih elegan dan istimewa. Dengan logo juga jadi jati diri dari bisnis yang tengah kita kebmabngkan dan Dengan logo, kita dapat membuat sebuah komunikasi melalui sinyal yang mudah dipahami dan diingat oleh setiap orang tanpa ada batasan bhs. Berikut yang nanti juga akan jadi jati diri bisnis.

3. Mengarah tujuan pasar yang tepat

Hal-hal lain yang tidak kalah penting yaitu memastikan tujuan market, yaitu siapa tujuan utama bisnis kita?. Apabila memilih tujuan market menengah ke atas, pasti image yang harus dibuat yaitu sebuah product elegan. Sering beberapa aktor usaha kecil menengah (UKM)) bingung memastikan tujuan sasarannya. Sering mereka terjerat ingin memuaskan client yang elegan, sekaligus ingin melayani client yang ekonomis dengan harga menengah. Tak ada product dewa yang dapat tepat untuk semua kelompok. Karena, ke-2 pasar ini susah dipadukan.

Lihat juga : jasa pembuatan website di jakarta utara

Ketika kita ingin menguber tujuan pasar kelas atas, kita harus berani gunakan harga tinggi dengan kwalitas sangat baik. Sesaat sebaliknya, bila ingin menguber customer yang sangat gawat untuk memperoleh harga terjangkau, maka juallah product dengan harga terjangkau, tetapi kwalitas dapat di turunkan. Bila kita berupaya berada di tengahnya, perlu kejelian yang lebih, karena si tujuan pasar yang kelas atas, biasanya gengsi untuk beli barang murah, karena punya kebiasaan dengan brand-brand bermerek. Sesaat yang kelas menengah ke bawah, relatif mencari yang mereknya umum, asal murah. Tetapkan pasar Kamu siapa, dari sana semakin lebih mudah melanjutkan promosi dan nilai lebih product Kamu daripada saingan.

4. Promosi sesuai sasaran

Setiap entrepreneur pasti ingin produknya jadi perbincangan dan dipuji beberapa orang. Namun, bagaimana dapat dibicarakan apabila tidak ada yang mengetahui produknya? Trick yang senantiasa dipakai oleh beberapa marketer yaitu dengan tehnik promosi. Bukanlah sembarang promosi, tetapi promosi yang tepat tujuan. Pilih beberapa orang yang berpengaruh di kelompoknya untuk mengetahui product kita. Berikan dia sampel gratis atau ajak dia coba product kita. Apabila ia menyenanginya, dengan mudah product kita juga akan terkenal. Diluar itu, kita juga perlu mengadakan moment khusus untuk mengenalkan brand yang tengah kita bangun.

Kartu nama, flyer, spanduk juga jadi fasilitas promosi yang tepat. Kita dapat membuat brand image pada prooduk yang tengah kita kembangkan dimanapun kita mengambil langkah. Mis melalu stiker yang ditempel di kendaraan, Tas, atau bahkan juga T shirt yang kita gunakan. sederhana nya kemana kita bergerak, brand yang tengah kita rintis harus juga selalu bergerak ikuti langkah kita

5. Mendompleng ketenaran

Langkah tersebut dapat juga dipakai, dan cukup mudah agar product kita selekasnya dilirik customer yaitu buat product kita dipakai oleh selebriti atau public profile saat acara pesta atau moment sosial yang lain. Karena biasanya apa yang dipakai oleh public profile juga akan selekasnya jadi perhatian beberapa orang. Di sinilah peluang kita untuk mengenalkan brand sekaligus membuat brand image. Ini bahkan juga semakin lebih efisien dari sebatas memajang product di etalase toko.

6. Pengenalan produk

Jadi product dengan brand baru pasti belum juga banyak di kenal orang. Ketika melaunching product itu ke pasar, sebaiknya Kamu menerangkan dengan detil pada beberapa calon customer mengenai product itu, berbahan baku, sistem pembuatan, sampai faedahnya. Janganlah lupa, paparkan juga kekhasan dan kelebihan yang kita dipunyai.

7. Berteman dengan media

Hmmmm tau doong media memiliki efek sangat besar untuk merubah penilaian orang-orang? Jadi, janganlah hanya duduk berdiam diri dan mengharapkan media juga akan mencari. Kirimkan press release dan contoh product atau undangan untuk menghadiri peluncuran product. Jika memang perlu, dapat juga meminjamkan beberapa product untuk memperoleh review khusus dari media.

8. Service khusus

Sebuah brand berkwalitas biasanya senantiasa memiliki customer VIP. Beri service khusus, karena mereka berikut yang biasanya jadi orang pertama yang bersedia beli product kita

Kita dapat merajut komunikasi lewat cara senantiasa kirim info mengenai design atau product paling baru. Tak tahu itu dengan kartu anggota, milis khusus, atau SMS informasi. Untuk mereka merasa dihargai.

9. Bangun sinergi

Ikutlah program afiliasi atau kerja sama juga dengan product atau brand beda. Contoh, dengan beli product kita, maka konsumen juga akan memperoleh potongan harga untuk product B dari brand beda. Atau cara beda, bergabunglah dalam sebagian moment dan kemukakan diri jadi sponsor. Semakin sering turut moment, maka semakin cepat brand kita di kenal.

Kita dapat juga buat moment sendiri dengan bersinergi dengan product atau brand beda, dari mulai moment moment kecil, contoh bila product kita yaitu fashion, kita dapat buat program moment mis Fashion show, dan lain-lain bila product kita yaitu product bayi, dapat buat lomba bayi sehat, lomba foto baby dll

10. Saingan? No Problem

“Persaingan itu diperlukan untuk kita senantiasa dapat berinovasi dan untungkan customer, ” persaingan perebutan buat kita dan si kompetitor berlomba melakukan perbaikan kekurangan dari product atau jasa. Bila kita mengarah pada customer kelas atas, maka kita harus berusaha untuk bermain dan memberikan di nilai lebih (added value) product.

Contoh, bila kita memiliki salon, sesaat ada kompetitor di lingkungan yang sama, nah kita dapat coba memberikan nilai lebih pada suasana atau hadiah pada pelanggan. Buat suatu kekhasan dari product atau jasa yang kita menawarkan yang tidak berada di product kompetitor.

Janganlah lupa untuk selalu mengevaluasi ulang hasil promosi dan branding yang telah kita kerjakan dengan berkala. Perhatikan cara yang kitalakukan, apakah telah sesuai tujuan market atau belum juga, agar brand yang kita bangun dapat selalu bergerak dan makin di kenal beberapa orang.

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Ceyron Louis

A web designer from India. And then you write some more information about yourself like this to fill out the space that is left.

0 komentar:

Posting Komentar