10 Panduan Lengkap Cara Budidaya Nanas Berkualitas Tinggi

Related image

pemasok nanas madu belik pemalang - Nanas adalah komoditas tanaman yang banyak di gunakan buahnya jadi olahan makanan umumnya tanaman ini di budidayakan dalam jumblah yang besar seperti perusahaan, Akan tetapai bila kita gunakan nanas jadi pwlung usaha juga masih tetap begitu terbuka lebar. Karena buah musiman ini masih tetap begitu di buru beberapa penggemarnya. Vitamin yang terdapat dalam buah nanas juga cukup tinggi dan dari sisi buah, kulit dan batangnya bisa di gunakan. Simak berikut ini yaitu langkah budidaya nanas yang baik dan benar.

IKLIM
Tanaman nanas bisa tumbuh pada keadaan iklim basah atau kering, ke-2 type iklim A, B, C atau D, E, F. Type A iklim daerah, yang begitu basah, B (ruang basah), C (daerah yang agak basah), D (daerah jadi), E (daerah yang agak kering) dan F (daerah kering).

Pada umumnya, tanaman nanas yaitu toleransi kekeringan dan mempunyai beragam jenis curah hujan yang sekitaran 1000-1500 mm/th.. Namun, tanaman nanas tidak toleransi salju karena suhu rendah.

Tanaman nanas bisa tumbuh dengan baik dibawah cahaya matahari rata-rata 33-71% kontinuitas maksimum, dengan tingkat tahunan rata-rata 2. 000 jam. Sesuai sama suhu budidaya nanas yaitu 23-32°C, namun dapat juga hidup di daerah suhu rendah hingga 10°C.

MEDIA TANAM
Pada umumnya, nyaris semuanya type tanah yang dipakai untuk pertanian pas untuk tanaman nanas. Namun, lebih pas dengan type tanah yang memiliki kandungan pasir, subur, subur dan tinggi bahan organik dan kandungan kapur yang rendah.

Kandungan keasaman yaitu pH 4, 5-6, 5. Tanah yang kaya kapur (pH lebih dari 6, 5) mengakibatkan tanaman jadi kerdil dan klorosis. Sedang tanah masam (pH 4, 5 atau lebih rendah) menyebabkan penurunan unsur Fosfor, Kalium, Belerang, Kalsium, Magnesium, dan Molibdinum cepat.

Air dibutuhkan untuk perkembangan tanaman nanas dalam Untuk penyerapan nutrisi yang bisa larut di dalamnya. Namun, kandungan air tanah dlm tidaklah terlalu banyak, tidak becek (menggenang). Hal yang butuh jadi perhatian yaitu aerasi dan drainase mesti baik, karena tanaman terendam akan begitu rawan membusuk akat.

Kemiringan tanah sedikit punya pengaruh nanas dalam penanaman, nanas tapi betul-betul seperti bila ditanam dalam sedikit miring, hingga ada air yang melimpah, hingga lebih cepat tanah jadi kering.

KETINGGIAN TEMPAT
Nanas pas ditanam pada ketinggian 800-1200 m dpl. Perkembangan optimum tanaman nanas pada 100-700 m dpl.

PEMBIBITAN
Kesuksesan penanaman nanas begitu ditetapkan oleh kwalitas bibit. Nanas bisa dikembangbiakan lewat cara vegetatif dan generatif. Langkah vegetatif dipakai yaitu tunas akar, tunas batang, tunas buah, mahkota buah dan stek batang. Langkah generatif dengan biji yang ditumbuhkan dengan persemaian, (tidak sering dipakai). Kwalitas bibit yang baik mesti datang dari tanaman yang pertumbuhannya normal, sehat dan bebas dari hama dan penyakit.

PERSYARATAN BENIH
Bibit yang baik mesti memiliki daun-daun yang terlihat tebal-tebal penuh diisi, bebas hama dan penyakit, gampang didapat dlm jumlah banyak, perkembangan relatif seragam dan gampang dlm pengangkutan terlebih utk bibit stek batang. Tunas batang dan stek batang.

PENYIAPAN BENIH
Benih nanas dari biji (generatif) tidak sering dipakai karena memerlukan tehnik spesial & sebagian type nanas tidak bisa lakukan penyerbukan sendiri & tidak hasilkan biji.

Langkah perbanyakan dengan vegetatif (tunas akar) memiliki ciri spesial :

  • Tunas yg tumbuh dari sisi batang yg terdapat di dlm tanah, 
  • Jumlah tunas akar per rumpun relatif sedikit, bentuk daun lebih langsing, 
  • Masa remaja tunas akar relatif pendek. 

Langkah vegetatif beda (tunas batang) memiliki tanda-tanda tunas yang tumbuh dari batang dan jumlah tunas per rumpun relatif sedikit. Tunas batang memiliki tanda-tanda tunas yang tumbuh pada tangkai buah dibawah tangkai buah dan diatas tunas batang, jumlah tunas buah per tanaman relatif banyak sampai menjangkau 10 tunas dan ukuran tunas yang beragam bergantung dari perkembangan tanaman.

Untuk langkah vegetatif dengan mahkota buah ciri-cirinya yaitu tunas yang ditumbuhkan dari mata tunas yang non-aktif pada batang, lalu disemaikan dlm media steril dengan perlakuan spesial dan jumlah bibit yang dibuat banyak, seragam, dan gampang dlm pengangkutan.

Penyiapan benih (bibit) utk tanaman nanas dibedakan jadi bibit tunas batang dan bibit nanas dari stek.

Penyiapan bibit tunas batang :

  • Pilih tunas batang pada pohon induk yang tengah berbuah/sesudah panen. 
  • Tunas batang yang baik yaitu panjang 30-35 cm. 
  • Daun-daun dekat pangkal pohon dipotong utk kurangi penguapan dan memudahkan pengangkutan, kemudian biarlah sepanjang sekian hari ditempat teduh dan bibit siap angkut ke tempat penanaman segera selekasnya ditanam. 

Untuk penyiapan bibit nanas dari stek, langkah awal yang dilakuakan yaitu :

  • Memotong batang nanas yang telah dipanen buahnya selama 2, 5 cm, 
  • Lalu potongan dibelah jadi 4 sisi yang memiliki kandungan mata tunas. 
  • Media semai berbentuk pasir bersih dlm bak tanam. 
  • Bibit yang dibuat dengan tinggi 25-35 cm atau berusia 3-5 bln. dicabut, ditanam di kebun. 
  • Apabila bibit akan diangkut dlm jarak jauh, akar-akarnya dibungkus dengan humus lembab. 
  • Benih yang disediakan mesti sesuai dengan luas areal penanaman. 
  • Kepadatan tanaman yang baik sekitar pada 44. 000-77. 000 bibit tanaman per Ha, bergantung jarak tanam, type nanas, kesuburan tanah, system tanam dan type bibit. 
  • Penanaman dengan system persegi (jarak tanam 150 x 150 cm) memerlukan sekitaran 3556 bibit apabila lahan yang mangkus ditanami 80%. Atau 12. 698 – 15. 875 bibit pada system tanam kereta api dengan jarak tanam 60 x 60 cm dan jarak antar barisan samping kanan/kiri dari kereta api yaitu 150 cm. 

TEKNIK PENYEMAIAN
Bibit nanas membutuhkan perawatan spesial. Langkah dalam menyiapkan media semai di bak pembibitan persemaian berbentuk tepung (misalnya Rootone) pada permukaan sisi batang untuk percepat perkembangan akar. Sisi batang di persemaian ditanam dalam bak 1, 5 – 2, 5 cm dan jarak 5-10 cm.

Keadaan Media persemaian dijaga supaya tetaplah lembab dan aliran udara yang baik, dengan tutup bak pembibitan dengan selembar plastik tembus (transparan). Nanas stek batang diizinkan untuk berkecambah dan berakar. Media baru pembibitan dipupuk dengan pupuk kandang disediakan.

Kombinasi media berbentuk tanah halus, pasir dan pupuk kandang halus (1 : 1 : 1) atau pasir halus dengan pupuk kandang (1 : 1). Langkah paling akhir yaitu bibit nanas mengubahtanamkan dari pembibitan untuk pembibitan perkecambahan biji pembesaran.

PEMELIHARAN PEMBIBITAN
Pemeliharaan pembibitan/persemaian penyiraman dikerjakan dengan berkala dijaga supaya keadaan media tanam senantiasa lembab dan tidak kering agar bibit tidak mati. Pemupukan dikerjakan dengan pemberian pupuk kandang dengan perbandingan kandungan yang telah ditetapkan. Penjarangan dan pemberian pestisida bisa dikerjakan bila dibutuhkan.

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Ceyron Louis

A web designer from India. And then you write some more information about yourself like this to fill out the space that is left.

0 komentar:

Posting Komentar