Alat Keselamatan Kerja di Laboratorium Kimia

Related image

sepatu safety - Laboratorium kimia adalah tempat kerja yang memiliki banyak potensi bahaya. Ini mencakup larutan kimia, ledakan reaksi kimia, dan panas dari perlengkapan. Tidak heran, orang yang bekerja di sebuah laboratorium kimia harus memakai perlengkapan pelindung diri (personal protective equipment).

Laboratoriumnya harus juga diperlengkapi dengan alat-alat keselamatan kerja. Jadi seseorang kimiawan (chemist), saya tidak asing dengan perlengkapan pelindung diri dan peralatan keselamatan laboratorium karena saya lebih dari 10 th. bekerja di laboratorium.

Tidak cuma itu, saya sempat juga meningkatkan prosedur keselamatan dan perlengkapan laboratorium kimia baru di perusahaan swasta tempat saya bekerja. Lepas dari itu, bila Kamu baru mengetahui lab dan mau tahu apa sajakah alat-alat keselamatan kerja yang biasanya berada di ruangan itu, Kamu datang ke tempat yang tepat.

Berikut alat keselamatan kerja di laboratorium kimia.

A. Perlengkapan pelindung diri
1. Jas laboratorium
Jas laboratorium (lab coat) berperan membuat perlindungan tubuh dari percikan bahan kimia beresiko. Macamnya ada dua yakni jas lab sekali gunakan dan jas lab berulang-kali gunakan. Jas lab sekali gunakan biasanya dipakai di laboratorium bilogi dan hewan, sesaat jas lab berulang-kali gunakan dipakai di laboratorium kimia.

Jas lab kimia dapat berbentuk :

  • Flame-resistant lab coat – Jas lab yang berbahan dilapis material tahan api. Jas lab type ini pas dipakai buat mereka yang bekerja dengan perlengkapan atau bahan yang keluarkan panas, misalnya peleburan sampel tanah, pembakaran memakai tanur bersuhu tinggi, dan reaksi kimia yang keluarkan panas. 
  • 100% cotton lab coat – Ini yaitu jas lab yang biasanya dipakai di laboratorium kimia umum (misalnya lab kimia pendidikan). Jas lab ini diprediksikan memiliki usia gunakan sekitar satu sampai dua th.. Setelah melalui waktu gunakan terebut, jas ini rawan rusak karena dampak bahan kimia asam. 
  • Synthetic/cotton blends – Jas lab ini dapat terbuat dari 100% poliester atau kombinasi poliester/cotton. Seperti cotton lab coat, jas lab ini dipakai di laboratorium kimia umum. 

2. Kaca mata keselamatan
Percikan larutan kimia atau panas dapat membahayakan mata orang yang bekerja di laboratorium. Oleh karenanya, mereka harus memakai kaca mata khusus yang tahan pada potensi bahaya kimia dan panas. Kaca mata itu terdiri jadi 2 type, yakni clear safety glasses dan clear safety goggles.

Clear safety glasses adalah kaca mata keselamatan umum yang dipakai membuat perlindungan mata dari percikan larutan kimia atau debu. Disamping itu, clear safety goggles dipakai membuat perlindungan mata dari percikan bahan kimia atau reaksi kimia beresiko.

safety googlesPeralatan pelindung mata ini terbagi dalam tiga type, yakni :

  • Direct vented goggles – Biasanya dipakai membuat perlindungan mata dari debu, tetapi tidak pas membuat perlindungan mata dari percikan atau uap bahan kimia. 
  • Indirect vented goggles – Pas dipakai membuat perlindungan mata dari kemilau cahaya dan debu, tetapi tidak pas membuat perlindungan mata dari percikan bahan kimia. 
  • Non-vented goggles – Baik dipakai membuat perlindungan mata dari debu, uap, dan percikan bahan kimia. Selai itu, kaca mata ini dapat juga dipakai membuat perlindungan mata dari gas beresiko. 

3. Sepatu keselamatan
Sandal atau sepatu sandal dilarang dipakai ketika Kamu bekerja di laboratorium. Kenapa? Karena keduanya tidak dapat membuat perlindungan kaki Kamu ketika larutan atau bahan kimia yang tumpah.

Sepatu umum biasanya telah cukup untuk dipakai jadi pelindung. Tetapi, di laboratorium perusahaan besar, sepatu yang dipakai yaitu sepatu keselamatan yang tahan api dan desakan tertentu. Diluar itu, terkadang disiapkan juga plastik alas sepatu untuk melindungi kebersihan laboratorium bila sepatu itu dipakai untuk keluar dari laboratorium.

4. Pelindung muka
Seperti namanya, pelindung muka (face shield) dipakai membuat perlindungan muka Kamu dari panas, api, dan percikan material panas. Alat ini umum dipakai saat ambil alat laboratorium yang dipanaskan di tanur suhu tinggi, melebur sampel tanah di alat peleburan taraf lab, dan ambil perlengkapan yang dipanaskan dengan autoclave.

5. Masker gas
Bahan kimia atau reaksi kimia yang dibuat dapat keluarkan gas beresiko. Oleh karenanya, masker gas sangat pas dipakai oleh Kamu hingga gas beresiko itu tidak terhirup. Diliat dari macamnya, masker gas dapat berbentuk masker gas umum yang terbuat dari kain dan masker gas khusus yang diperlengkapi material penghisap gas. 

Disamping itu, masker gas khusus dipakai saat memakai larutan atau bahan kimia yang memiliki gas beresiko, misalnya asam klorida, asam sulfat, dan asam sulfida.

6. Kaos tangan
Kaos tangan (glove) membuat perlindungan tangan Kamu dari ceceran larutan kimia yang dapat buat kulit Kamu gatal atau melepuh. Beberapa macam kaos tangan yang dipakai di lab biasanya terbuat dari karet alam, nitril, dan neoprena.

Berkaitan kaos tangan yang terbuat dari karet alam, ada yang diperlengkapi dengan serbuk khusus dan tanpa ada serbuk. Serbuk itu biasanya terbuat dari tepung kanji dan berperan untuk melumasi kaos tangan agar mudah dipakai.

7. Pelindung telinga
Alat pelindung diri yang paling akhir yaitu pelindung telinga (hear protector). Alat ini umum dipakai membuat perlindungan teringa dari bising yang di keluarkan perlatatan tertentu. Misalnya autoclave, penghalus sample tanah (crusher), sonikator, dan pencuci alat-alat gelas yang memakai ultrasonik.

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Ceyron Louis

A web designer from India. And then you write some more information about yourself like this to fill out the space that is left.

0 komentar:

Posting Komentar